PERANAN STAF DALAM ORGANISASI
Staff adalah personil yang
membantu atasan (pimpinan) mereka dalam melaksanakan tugas yang
diberikan.
PERANAN
STAF
Telah dikemukakan bahwa dalam
organisasi bentuk lini dan staff ada dua kelompok tenaga kerja. Kelompok pertama
adalah mereka yang tugas utamanya bersifat menterjemahkan tugas pokok menjadi
aktivitas, sedang di pihak lain terdapat mereka yang tugasnya melakukan
kegiatan-kegiatan penunjang demi lancarnya roda organisasi dan mekanisme
kerjasama yang harmonis, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Kedua
kelompok ini mempunyai peranan penting dalam merealisasi tujuan
organisasi secara efektif dan efisien.
Sepintas
lalu kelihatan seolah-olah karyawan lini lebih penting karena tugas meraka yang
utama melaksanakan aktivitas penting untuk merealisasi tujuan. Malah dianggap
kadang-kadang bahwa tanpa karyawan staff tujuan dapat juga direalisasi.
Pandangan ini terutama dalam organisasi modern kurang tepat, walaupun sifat
aktivitas karyawan staff sebagai penunjang kegiatan yang dilakukan olah
karyawan lini, akan tetapi peranan mereka dalam menciptakan efektivitas dan
efisiensi sangat penting. Dengan bantuan karyawan staff organisasi dapat
mendayagunakan resources yang dimiliki perusahaan secara optimum, karena mereka
dapat melihat berbagai kemungkinan, pendidikan dan pengalaman mereka
memungkinkan memilih kesempatan yang terbaik.
FUNGSI GARIS & STAF
FUNGSI GARIS & STAF
- Dengan makin berkembangnya perusahaan kekompleksan fungsi yang perlu untuk pelaksanaan tugas berkembang lebih cepat sehingga manajemen perlu bantuan melalui spesialisasi yang disebut staf.
- Penciptaan fungsi staf atau fungsi sekunder ini dengan mendiferensiasikan kegiatan ke luar dari rantai komando.
- Fungsi staf membantu dan memperlancar kerja fungsi garis.
- Agar fungsi staf bermanfaat harus jelas fungsinya, dibatasi jumlahnya, tugas pimpinan memang meningkat, staf diberi informasi yang diperlukan, dimintai nasihat, didorong berinisiatif.
MACAM-MACAM STAF
- Staf Penasihat
Dibentuk untuk
memberikan saran, bantuan, dan jasa kepada seorang manajer. Staf penasihat juga
memberikan saran-saran kepada pimpinan terhadap semua bidang yang menjadi tugas
dan tanggung jawab pimpinan. Apabila diperlukan Manajer dapat menunjuk atau
mengangkat staf penasihat dalam bidang perencanaan, pengorganisasian, pemberian
motivasi, pengawasan, dan pengambilan keputusan.
Agar saran-saran yang diberikan kepada pimpinan
merupakan saran yang sudah matang, obyektif dan telah diuji serta diteliti
kebenarannya, maka saran-saran itu harus digarap melalui suatu proses. Proses
pemberian saran tersebut melalui kegiatan sebagai berikut :
- Pengumpulan data dapat dilakukan dengan mengadakan penelitian atau riset.
- Mengadakan analisis fakta-fakta, informasi-informasi yang diterima.
- Mengadakan evaluasi atau penilaian.
- Membuat berbagai alternatif atau kemungkinan.
- Mengadakan pemilihan dari berbagai kemungkinan yang dianggap paling baik.
- Membuat kesimpulan.
- Merumuskan saran-saran atau pertimbangan-pertimbangan dalam suatu bentuk tertentu sehingga mudah dan cepat dipahami oleh pimpinan.
- Staf Pelayanan ( Staf Specialis )
Yaitu membantu pimpinan
dalam melancarkan tugas-tugas organisasi, dalam memberikan pelayanan untuk
seluruh lini dan unsur organisasi. Fungsi utama staf pelayanan adalah
memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya dalam bentuk kegiatan-kegiatan
operasional, bukan memberikan saran atau pertimbangan
Tugas-tugas yang dapat diberikan kapada karyawan staff antara lain
adalah sebagai berikut :
- Mengumpulkan data (fakta)
- Menginterpretasikan data (fakta)
- Mengusulkan alternatif tindakan
- Mendiskusikan rencana-rencana yang sedang dipikirkan dengan berbagai hak dan memperoleh kesepakatan mereka atau memperoleh alasan mengapa rencana tersebut ditolak.
- Mempersiapkan instruksi-instruksi tertulis dan dokumon-dokumen lainnya yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang merupakan realisasi dari rencana yang telah ditetapkan.
- Mengamati kegiatan-kegiatan operasional dan kondisi-kondisi yang dihadapi untuk rnengadakan apakah instruksi-instruksi telah dijalankan dengan baik dan apakah instruksi tersebut menghambat atau mempelancar proses pencapaian tujuan.
- Mengusahakan pertukaran informasi antara para petugas-petugas operasional mengenai pelaksanaan untuk meningkatkan kegiatan-kegiatan koordinasi.
- Memberikan informasi dan nasihat kepada petugas-petugas oporasional mengenai pelaksanaan tugas-tugas yang telah didelegasikan kepada mereka.
Dari peranan staff diatas dapat diketahui bahwa staff adalah hal yang
diinginkan apabila :
- Keterbatasan kemampuan pimpinan untuk melaksanakan tugas-tugas secara baik. Keterbatasan ini melingkupi ketarbatasan waktu, energi, pengetahuan, perhatian, pandangan dan sebagainya.
- Tugas-tugas yang harus dijalankan belum dapat didelagasikan kepada bawahan, dapat disebabkan: (1) bawahan belum mempunyai kemampuan (2) secara efektif dan efisien lebih tepat wewenang tersebut diberikan kepada spesialist.
sumber :
http://viyan.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/15113/2_WEWENANG,+DELEGASI+DAN+DESENTRALISASI.pdf
0 komentar:
Posting Komentar