Kamis, 09 Januari 2014

SEJARAH PERKEMBANGAN TELEMATIKA TERKAIT HARDWARE DI DUNIA (PENULISAN 2)

Berbicara mengenai perkembangan teknologi khususnya di bidang telematika ini berkaitan dengan hardware, saya akan membahas mengenai perkembangan GPS (Global Positioning System), yang merupakan sebuah alat yang dapat memberikan kita petunjuk jalan melalui bantuan satelit, Sistem Pemosisi Global (GPS) adalah sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit. 

20140108-005336.jpg

Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan letak, kecepatan, arah, dan waktu. Sistem yang serupa dengan GPS antara lain GLONASS Rusia, Galileo Uni Eropa, IRNSS India. Sistem ini dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dengan nama lengkapnya adalah NAVSTAR GPS (nama yang diberikan oleh John Walsh, seorang penentu kebijakan penting dalam program GPS). Teknologi GPS sendiri telah digunakan sejak lama seperti di bidang teknik, pertanian, militer, navigasi, dan konstruksi dengan alat GPS canggih yang menggunakan satelit komunikasi berlisensi. Dalam perkembangannya saat ini, GPS menjadi sering digunakan sebagai alat lacak real-time yang ekonomis dengan mengkombinasikan fungsi sinyal GSM/GPRS untuk pengiriman data melalui infrastruktur provider telekomunikasi ke komputer server atau web. 


20140108-005353.jpg

Berkat sinyal GSM/GPRS inilah alat GPS Tracker mampu berinteraksi dan menerima perintah dari tempat lain yang jauh melalui SMS atau aplikasi komputer. Model GPS real-time yang digunakan adalah GPS Tracking System, yaitu suatu sistem yang menentukan posisi kendaraan, armada, aset barang maupun personal secara realtime. GPS Tracking ini memanfaatkan teknologi GPS untuk menentukan titik kordinat lalu mengirim data tersebut via GPRS/GSM untuk diterjemahkan oleh sistem ke dalam bentuk peta seperti Google Maps, Microsoft Maps atau lainnya. Berikut beberapa manfaat dari penggunaan GPS Tracking System.


20140108-005345.jpg

- Memantau keberadaan personil dan armada kendaraan sehingga pekerjaan / jadwal lebih terkontrol.
- Kualitas pengiriman bahan baku lebih terukur dan kepuasan pelanggan meningkat.
- Jumlah pemakaian bahan bakar akan berkurang, dan rit pengiriman akan meningkat.
- Mengetahui langsung (real-time) jika terjadi penyalahgunaan atau pencurian terhadap aset atau kendaraan.
- Memudahkan koordinasi dan komunikasi dengan armada / awak lapangan.
- Memudahkan analisa dan evaluasi operasional dengan otomatisasi laporan.
- Memantau dan melacak aset, personil atau anggota keluarga seperti anak dan lansia (Personal/Portable Tracker).

20140108-005425.jpg




0 komentar:

Posting Komentar